Kamis, 18 April 2013

STRATEGI PENERAPAN E-COMMERCE










STRATEGI PENERAPAN E-COMMERCE

 














STRATEGI PENJUALAN AKSESORIES “CLARISA”  DENGAN E-COMMERCE
A.     Tujuan dalam mengaplikasikan e-Commerce adalah :
  1. Customer/pelanggan yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser.
  2. Menjadikan portal e-Commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, akan tetapi  menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi)
  3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif
  4. Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis
  5. Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
B.     Aplikasi yang di butuhkan :
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking


C.       Kunci sukses Clarisa dalam  menerapkan e-Commerce.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-Commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang di gunakan Clarisa :
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan.
D.     Penggunaan dan manfaat e-Commerce di toko Clarisa :
  1. Mendapatkan pelanggan baru. Studi yang menyebutkan bahwa manfaat penggunaan e-Commerce dalam bisnis adalah mendapatkan pelanggan baru.
  2. Bertahan
  3. Meningkatkan mutu layanan. Dengan adanya e-Commerce memungkinkan  dapat meningkatkan layanan dengan melakukan interkasi yang lebih personal sehingga dapat memberikan informasinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.
  4. Melayani konsumen tanpa batas waktu.  Pelanggan dapat melakukan transaksi dan memanfaatkan layanan suatu perusahaan tanpa harus terikat dengan waktu tutup ataupun buka dari suatu perusahaan tersebut.


E.      Permasalahan Mengimplementasikan Electronic Commerce di Toko Clarisa.
Keterbatasan Teknis, meliputi:
  1. Adanya kekurangan sistem keamanan, kehandalan,
  2. Standard dan beberapa protokol komunikasi.
  3. Adanya bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi.
  4. Adanya pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan berubah dengan cepat.
  5. Sulit menyatukan perangkat lunak internet dan e-Commerce dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini.
  6. Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya selain server jaringan.
  7. Beberapa perangkat lunak e-Commerce mungkin tidak cocok bagi hardware tertentu.
Keterbatasan Nonteknis, meliputi:
·         Biaya dan Justifikasi
Biaya pengembangan e-Commerce dalam rumah bisa sangat tinggi dan kekeliruan yang disebabkan oleh kurangnya pengalaman bisa mengakibatkan adanya delay (penangguhan).
·         Sekuritas dan Privasi
Isu sekuriti yang dipandang serius dibanding yang sebenarnya bila diterapkan inskripsi yang tepat.
·         Sedikit kepercayaan dan resistensi pemakai


Pelanggan tidak percaya bila tanpa melihat wajah penjual yang mereka kenal.
  1. Tidak adanya sentuhan dan rasa hubungan secara on line.
  2. Banyak isu hukum yang belum terpecahkan
  3. e-Commerce sebagai disiplin baru masih mencari bentuk dan sedang berkembang dengan cepat.
  4. e-Commerce dapat menimbulkan jarak hubungan relasi manusia.
  5. Keteraksesan internet masih merupakan hal yang mahal atau tidak cocok bagi pelanggan potensial.
Namun dari beberapa manfaat e-Commerce yang besar ini terhalangi oleh beberapa kendala seperti sekuritas dan metode pembayaran, praktek pengenaan pajak dalam perdagangan elektronis belum sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tidak dapat memaksimalkan penerimaan pajak dari perdagangan elektronis.
Adapun kendala yang dihadapi, dan merupakan sebuah tantangan  adalah mengenai sekuritas dan metode pembayaran. Yang belum siap dalam sistem pemasaran online ini adalah cara bayar transaksi di Indonesia, yang dalam hal ini hanya bisa dijalankan dengan menggunakan cara manual melalui ATM atau transfer bank, tidak bisa menggunakan cara bayar otomatis seperti Paypal atau lainnya.
F.      Manajemen di Toko Clarisa dengan e-Commerce
Ada beberapa kreteria dalam melakukan penggunaan e-commerce, yaitu:
  1. Kenyamanan.
  2. Penghematan, menggunakan internet untuk menghubungkan pemasok, pabrik, penyalur dan pelanggan secara on line.
  3. Pilihan seleksi, batas dunia usaha sama juga batas web karena tidak dibatasi oleh batas-batas fisik.
  4. Personalisasi, Kemampuan komputer dalam memilih informasi untuk ditangkap web dunia bisnis supaya dapat mempersonalisasi punsak penjualan mereka dan bahkan produk-produk mereka.
G.     Kerangka e-Commerce
Aktivitas bisnis selalu membutuhkan tempat, maka jelaslah bahwa aplikasi e-Commerce dibangun diatas infrastruktur teknologi yang ada. e-Commerce bukan hanya dibangun diatas situs web saja, sesungguhnya lebih dari itu. Sedang implementasinya tidak lepas dari 4 wilayah utama yang ditunjukkan dengan 4 pilar penyangga, yaitu:
(1) Manusia,
(2) Kebijakan public,
(3) Standar Pemasaran dan Periklanan
(4) Protokoler teknis, persediaan, serta temasuk didalamnya adalah organisasi lain.
Manajemen e-Commerce yang akan mengkoordinasikan aplikasi, infrastruktur dan pilar-pilarnya.
H. Langkah-langkah dalam Strategi e-Commerce
Periklanan, promosi dan publikasi adalah penggunaan media bayaran oleh seorang penjual untuk mengkomunikasikan informasi secara persuatif (tentang produk ide, barang, jasa) ataupun organisasi merupakan alat komunikasi yang kuat.
5 tahap yang dikenal dengan 5M, yang terdiri dari:
1)    Penetapan tujuan (mission)
2)    Keputusan tentang anggaran (money)
3)    Keputusan pesan (message)
4)    Penetapan media, dan
5)    Evaluasi mengenai kampanye (measurement)

I. Dampak perumusan pemasaran e-Commerce :
  1. Promosi e-Commerce dapat mempertinggi produk dan layanan melalui kontak langsung, kaya informasi dan interaksi dengan pelanggan.
  2. Saluran pemasaran baru menciptakan saluran distribusi bagi produk yang ada sehingga banyak peluang menjangkau pelanggan dengan sifat komunikasi secaralangsung dan dua arah.
  3. Penghematan langsung dalam pengiriman informasi kepada pelanggan.
  4. Pengurangan cycle time, pengiriman produk dan pelayanan digital dapat dikurangi hingga hanya dalam hitungan detik untuk sampai ke tujuan.
    Penetapan Tujuan Penetapan Anggaran Keputusan Pesan Evaluasi Penetapan tujuan.
  5. Layanan konsumen ditingkatkan dengan cara pelanggan menemukan informasi detail secara on line.
  6. Citra merk perusahaan, dalam web pendatang baru bisa membangun citra perusahaan dengan cepat.
J. Faktor-faktor dalam kesuksesan e-Commerce diantaranya :
1.      Pemilihan dan Nilai. Pemilihan produk yang menarik, harga  yang kompetitif, jaminan kepuasan, dan dukungan terhadap kustomer setelah mereka membeli.
2.      Dayaguna dan Layanan. Cepat, navigasi yang mudah, berbelanja, dan pembelian, dan pengiriman barang dengan segera.
3.      Lihat dan Rasakan (Look and Feel). Web yang menarik, area website untuk berbelanja, halaman katalog produk multimedia, dan fitur-fitur berbelanja.
4.      Iklan dan Insentif. Penargetan iklan halaman web dan promosi lewat email, diskon dan penawaran khusus, termasuk iklan pada situs afiliansi.
5.      Perhatian secara Pribadi. Halaman Web pribadi, merekomendasikan produk yang sesuai dengan selera, iklan Web dan pemberitahuan melalui email, dan dukungan interaktif untuk semua kustomer.
6.      Hubungan Komunitas. Komunitas virtual untuk kostomer, suplier, perusahaan representatif dan lainnya via newsgroup, ruang chat, dan link ke situs yang berhubungan.
7.      Keamanan dan Dapat Dipercaya. Keamanan informasi kustomer, transaksi melalui website, informasi produk yang terpercaya, dan penyelesaian pengiriman yang dapat dipercaya.

Sumber :
M. Suyanto, 2003, Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi Yogyakarta
Betti Alisjahbana, 2009 Internet dan e-Commerce Untuk Koperasi dan UKM, Seminar UKM 25 Nopember 2009
Penerapan E-Commerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan : http://aninasukmajati.wordpress.com/2009/05/26/penerapan-e-Commerce-untuk-meningkatkan-nilai-tambah-added-value-bagi-perusahaan/ Diakses : 30 Nopember 2009
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar